gamis anak perempuan

Tong Kosong Nyaring Bunyinya

tong kosong nyaring bunyinya adalah
Tong Kosong Nyaring bunyinya
Tong kosong banyak bunyinya, eh eh tong kosong banyak bicara, oceh sana sini ga ada isi, otak udang, mikirnya sembaranga. o yeahhhhh.... pasti pernah denger kan penggalan lagu itu? buat kamu generasi 90an sih pasti tau. Itu kan lagu yang sangat terkenal dari Slank. Maksud dan arti dari peribahasa tong kosong nyaring bunyinya adalah orang yang tidak berilmu biasanya banyak bicara ga ada isi. Apa onda orang seperti ini? kami harap tidak.

Alasan kenapa orang yang tidak berilmu itu banyak bicara adalah karena mereka ingin terlihat pintar. Sehingga mengeluarkan banyak omongan dari mulutnya berharap kalau orang lain menganggapnya sebagai orang pintar. Entah omongannya itu betul atau tidak, yang penting orang lain bisa terkesan menganggap orang tersebut pintar.

Di lain hal, orang pintar itu memang tidak banyak bicara, kecuali kalau lagi ngisi kuliah ya. Karena orang pintar tahu betul kalau terlalu banyak bicara adalah perilaku yang menghabiskan tenaga. Lebih baik diam dan bertindak, daripada hanya bicara dan diam saja.

Dalam kehidupan sehari hari, orang yang tong kosong banyak bunyinya terkadang memiliki banyak teman. Wajar, karena orang seperti ini memang enak untuk diajak berbicara, tapi tidak enak untuk diajak berkomitmen. Jadi harus hati hati menghadapi orang yang seperti ini. Mau di kantor, sekolah, kampus, mesti hati hati. Karena kalau tidak, orang seperti ini bisa menikam dari belakang.

Supaya kita tidak tergolong menjadi orang yang tong kosong nyaring bunyinya sebenarnya sangatlah mudah. Tinggal kita berkata seperlunya, dan sesuai dengan apa yang kita fahami. Jangan berkata apa apa kalau kita tidak tahu, lebih baik diam. 

sumber: Daftar Peribahasa Lengkap Beserta Artinya