gamis anak perempuan

Air Beriak Tanda Tak Dalam

air beriak tanda tak dalam
air beriak tanda tak dalam
Peribahasa ini sama artinya dengan peribasa Tong Kosong Nyaring Bunyinya, yang arti dan maksudnya adalah orang yang banyak bicara biasanya tidak sebanyak ilmu yang dimilikinya.

Kalau secara harafiah, bisa kita lihat air yang dangkal. Dia akan beriak banyak. lalu coba kita lihat lautan luas, riaknya tidak banyak malah cenderung tenang.

Dalam kehidupan sehari hari, orang yang tidak banyak memiliki ilmu banyak yang berusaha terlihat berilmu dengan cara banyak bicara. Dan orang yang berilmu tinggi, penuh dengan kematangan dan ketenangan jiwa, sehingga tidak memerlukan untuk banyak bicara. Termasuk orang manakah anda?

Dalam kehidupan sehari hari sudah banyak contohnya orang yang air beriak tanda tak dalam. Coba anda perhatikan orang terdekat anda, apakah ada yang banyak bicara? Jika iya kemungkinan besar orang tersebut ilmunya tidak banyak. Sekarang coba lihat guru atau dosen anda, apakah dalam sehari hari nya dia banyak bicara? kalau tidak, berarti guru atau dosen anda termasuk orang yang berilmu. Berilmu di sini bukan hanya ilmu teknsi ya, tapi yang paling penting adalah ilmu dalam kedewasaan berpikir, ilmu mengontrol diri, aqidah, akhlak, perilaku, moral, dan lain sebagainya.

Jika anda tidak ingin disebut sebagai orang yang air beriak tanda tak dalam, sebenarnya cukup mudah. Ingatlah, bahwa banyak bicara itu tidak berarti memperlihatkan kita berilmu. Tapi ketenangan, dan kewibawaan lah yang bisa membuat kita dipandang oleh orang lain.

sumber: Daftar Peribahasa Lengkap Beserta Artinya