gamis anak perempuan

Sayang Sayang Buah Kepayang, Dimakan Mabuk Dibuang Sayang

Situasi serba salah
Situasi serba salah


Peribahasa yang cukup umum kita dengar. Arti dan makna dari Sayang Sayang Buah Kepayang, dimakan Mabuk Dibuang Sayang adalah orang yang sedang dalam situasi serba salah. Kalau kata Dono, Kasino, Indro: Maju kena mundur kena. Hayo masih ingat filmnya? he he.


Situasi dan kondisi yang serba salah pasti pernah kita alami semua. Mau memutuskan A mendapatkan kerugian, mau memutuskan B juga rugi. Lalu harus bagaimana? tentu cara yang paling mudah adalah dengan memilih kerugian yang paling sedikit. Dan kalau bisa berorientasi pada kerugian orang lain ya, bukan kerugian diri sendiri.

Contohnya gini, misal si Buyung pacaran dengan si Siti. Buyung sudah gak sayang lagi dengan Siti, tapi Siti masih sayang banget ama Buyung. Buyung bingung, kalau mutusin Siti, kasian Siti, kalau gak mutusin, kasihan dirinya sendiri. Bagaimana menurut anda yang terbaik? menurut kami lebih baik Buyung jangan memutuskan Siti. Biarlah berkorban meskipun tidak sayang lagi dengan Siti, tapi Siti kan sayang banget ama Buyung. Dengan demikian Buyung "merugi" siti, "untung". Inilah yang disebut dengan pengorbanan, berorientasi pada rugi atau tidaknya orang lain, bukan diri sendiri.

Apakah anda berani untuk mengambil sikap tersebut? pasti sulit sekali ya. Namanya manusia, hawa nafsunya besar. Makannya sebagian besar agama, memang memerangi apa yang namanya hawa nafsu.

Solusi lain jika kita mendapatkan kondisi dan situasi serba salah adalah dengan banyak berdoa dan berserah diri pada Tuhan YME. Bukankah Dia lah yang maha mengetahui segalanya? dengan harapan Tuan memberikan hidayah pada kita sehingga kita memutuskan sesuatu yang terbaik untuk semuanya.

sumber: Daftar Peribahasa Lengkap Beserta Artinya