gamis anak perempuan

Mencontreng Arang di Muka

Mencontreng Arang di Muka
Mencontreng Arang di Muka

Mencontreng arang di muka itu maksudnya cuma bikin malu, alias malu maluin saja. Jadi peribahasa ini sangat cocok untuk orang yang sering melakukan tindakan bodoh yang memalukan dirinya sendiri ataupun orang lain.

Contohnya banyak banget, misalkan kalau anda melakukan kumpul kebo dengan pacar anda, dan diketahui oleh warga. Semua kena malu, anda kena malu, pacar anda kena malu, orang tua anda malu, teman anda malu, dan lain sebagainya. Mau jadi malu-maluin?

sebenernya gampang sih biar kita tidak bertidak malu-malu-in. Kita harus ingat dengan norma yang ada di tempat kita tinggal. Norma itu mau tidak mau harus kita ikuti, jika tidak setuju dengan norma tersebut lebih baik menghindar daripada memberontak norma. Pemberontak norma hanya akan dicibir dan dihinakan oleh masyarakat setempat.

Cara lainnya adalah dengan cara ingat bahwa apapun yang kita lakukan pasti dilihat oleh Tuhan YME, karena Dia-lah yang maha melihat. Apa gak malu tuh dilihat oleh Tuhan? karena Tuhan selalu melihat kita, lakukanlah apa apa saja yang dibolehkan oleh Tuhan. Percaya deh kalau ini sudah dilakukan, gak akan terjadi tuh melakukan hal yang malu maluin.

sumber: Daftar Peribahasa Lengkap Beserta Artinya