gamis anak perempuan

Membesarkan Kerak Nasi

Membesarkan Kerak Nasi


Membesarkan kerak nasi

Kerak nasi kok dibesar-besarkan? kan tidak terlalu penting. Maksud dan arti peribahasa membesarkan kerak nasi adalah menambah-nambah sesuatu yang tidak perlu. Atau dengan kata lain melebih-lebihkan sesuatu yang tidak ada gunanya.

Sesuatu yang tidak berguna haruslah dicukupi, jangan ditambah tambah, apalagi jika menjadi hal yang utama. Apa sih hal yang tidak berguna itu? hal yang tidak berguna adalah sesuatu yang jika kita tinggalkan tidak memberikan kerugian pada kita, dan jika kita kerjakan tidak juga memberikan keuntungan pada kita.

Contoh hal yang tidak berguna adalah membicarakan orang lain yang belum tentu benar. Kalau kita kerjakan apakah memberikan keuntungan pada kita? jelas tidak, karena hanya menghabiskan energi saja, bahkan hitungannya jadi merugikan kita sendiri. Sedangkan jika kita tinggalkan hidup kita akan lebih efektif dan efisien. Membicarakan keburukan orang lain memang "renyah" dan membuat penasaran, tapi hal ini memang sangat tidak ada gunanya, hanya menambah nambah dosa dan menghabiskan energi.

Contoh lain adalah menonton TV berlebih lebihan. Jika anda hobi menonton TV, ber-jam jam per hari, apakah itu ada gunanya? saya rasa tidak. Nonton TV boleh saja, tapi secukupnya dan untuk hal hal yang penting saja, seperti sepak bola, berita, dst. Jika nonton TV acara yang tidak jelas, mending tinggalkan saja. Jangan dilebih lebihkan.

Yuk mulai sekarang jangan melebih lebihkan hal yang tidak berguna, lakukanlah secukupnya, atau mulai kurangi dari sekarang sedikit demi sedikit sampai bisa ditinggalkan.