gamis anak perempuan

Merebas Buluh Serumpun

Merebas Buluh Serumpun


Merebas Buluh Serumpun

Arti dan maksud dari peribahasa Merebas Buluh Serumpun adalah membuat malu seluruh keluarga.

Membuat malu diri sendiri saja rasanya tidak enak, apalagi kalau sampai keluarga ikut-ikutan malu gara gara ulah kita sendiri. Biasanya kasus begini kalau kita sudah melakukan hal hal yang melanggar norma dan hukum yang ada.

Salah satu contohnya adalah jika anda hamil di luar nikah. Siapa yang malu? anda sendiri jelas malu, keluarga juga pasti. Bukan hanya keluarga inti, tapi keluarga besar akan menanggung malu, karena akan diperbincangkan orang sekitar tentang pendidikan yang dilakukan di keluarga anda. Tidak jarang orang yang hamil di luar nikah sampai berani aborsi demi tidak menanggung malu. haduh.. Nyawa manusia diganti dengan rasa malu. Ini adalah contoh membuat malu jika kita melanggar norma yang ada.

Contoh lain adalah jika anda koruptor. Wah kalau ini bener bener memalukan nusa dan bangsa, dunia akhirat. Sebelum masuk penjara enak enakan mewah, dilihat orang sebagai orang kaya, eh setelah masuk penjara berubah semua pandangan orang, jadi melihat anda seseorang yang hina dan patut dihilangkan dari muka bumi. Koruptor itu merugikan semua orang, dari bayi sampai kakek nenek. Ini adalah contoh membuat malu jika kita melanggar hukum.

So.. kita haruslah memperhatikan norma yang ada dan mematuhi hukum yang berlaku.