gamis anak perempuan

Kuning Oleh Kunyit, Hitam Oleh Arang

Kuning Oleh Kunyit, Hitam Oleh Arang
Kuning Oleh Kunyit, Hitam Oleh Arang
Kuning Oleh Kunyit, Hitam Oleh Arang memiliki arti mudah dihasut atau dipuji.

Memang betul warna kunyit itu kuning, dan warna arang itu hitam. Akan tetapi maksud dari peribahasa ini adalah apakah kita harus terus mengukuti kuningnya kunyit dan hitamnya arang? coba goreskan arang pada kaca, pasti tidak hitam, paling menjadi abu, atau tidak hitam sama sekali.

Orang yang mudah dihasut atau dipuji itu adalah orang yang mudah dipermainkan oleh orang lain dalam hal apapun. Hal ini tidak baik, karena manusia niscayanya adalah makhluk yang merdeka, yang bebas menentukan mau ke mana dia berjalan, mau di mana ia menetap.

Jika kita hanya mengikuti apa kata orang, kita akan hanya menjadi air yang mengalir, ada yang mengalir ke laut, ada yang mengalir ke sungai, ada yang diminum ikan, dan ada juga yang masuk comberan. Mau masuk comberan? ya nggak dong..

Jadi untuk menanggulangi hal ini, mestinya kita kuatkan hati dan prinsip. Mulai dari mana? bisa dimulai dari sekarang dan dimulai dari mempelajari agama, apapun agama anda pelajarilah! Agama sangat penting untuk kebutuhan spiritual manusia.