gamis anak perempuan

Jauh Dapat Ditunjuk, Dekat Dapat Ditunjal

Jauh Dapat Ditunjuk, Dekat Dapat Ditunjal
Jauh Dapat Ditunjuk, Dekat Dapat Ditunjal
Apaan sih ditunjal? baca dulu: Tunjal.

Arti dari peribahasa Jauh Dapat Ditunjuk dan Dekat Dapat Ditunjal adalah apa yang dikatakan dapat dibuktikan kebenarannya.

Nah jadilah orang yang seperti ini. Tau peribahasa lain yang bilang Mulutmu adalah Harimaumu? ya memang bener.. Perkataan itu lebih tajam daripada pisau.. ngeri kan..

Berkatalah yang baik baik, berkatalah yang terbukti kebenarannya. Menyebarkan berita yang belum tentu benar atau bohong sama sekali, jika tersebar akan sulit sekali untuk diredam.

Ada cerita zaman Nabi Muhammad dahulu, ketika rombongan nabi sedang berpergian, dan singgah sebentar di suatu kota. Tanpa diketahui nabi dan rombongan, Aisyah tertidur dan ditinggalkan oleh rombongan nabi. Aisyah pun diam saja di tempat terakhir rombongan nabi sebelum meninggalkan kota tersebut, nasib baik ternyata ada sahabat nabi yang tertinggal juga dan menaiki unta. Terkaget dia melihat Aisya yang diam sendirian, dan Aisyah pun menceritakan semuanya. Aisyah dan sahabat nabi tsb sepakat langsung melanjutkan perjalanan menggunakan unta, tetapi hanya Aisyah saja yang menaiki unta, sedangkan sahabat nabi itu berjalan kaki. Ketika memasuki daerah rumah, banyak orang melihat Aisyah dan sahabat nabi tersebut, dan mereka menggosipi bahwa Aisyah "ada main" dengan sahabat nabi tersebut. Saking hebatnya berita ini sampailah ke pelosok negeri.


Aisyah dan sang sahabat sudah mengklarifikasikan kronologi kejadian mengapa mereka datang berdua, tapi tetap saja berita fitnah itu sudah tersebar dan tidak bisa ditarik kembali. Berita fitnah itu lebih cepat tersebar dari pada berita klarifikasi Aisyah. Sampai beberapa waktu selanjutnya masih saja ada orang yang beranggapan bahwa Aisyah "bermain" dengan salah seorang sahabat nabi. Sungguh keji gosip itu..

Cerita yang inspiratif kan? makannya jangan asal ngomong kalau tidak tahu kebenarnnya. Peliharalah lidah seperti kita memelihara perut kita.