gamis anak perempuan

Mendapat Panjang Hidung

Mendapat Panjang Hidung
Mendapat Panjang Hidung

Ayo siapa di sini yang hidungnya panjang? kaya Pinokio ya, kalau bohong hidungnya panjang. Kalau memanjang Pinokio-nya malu. Hehe

Arti dan makna dari peribahasa mendapat panjang hidung ini ya kurang lebih sama seperti pesan yang diberikan pada tokoh kartun Pinokio, yakni mendapat malu.

Wah sepertinya sudah sering juga di sini dibahas tentang peribahasa yang ada kaitannya dengan rasa malu. Gpp deh dibahas sekali lagi di sini.

Semua orang pasti pernah mendapatkan malu, mulai dari anak kecil sampai kakek-kakek, pasti pernah malu. Gak pernah enggak. Namun yang jadi pertanyaan itu adalah malu seperti apa yang anda dapatkan? Malu karena berbuat salah? atau malu karena berbuat benar?

Jika anda berbuat salah dan anda malu, ini wajar, dan sudah sepatutnya terjadi. Orang yang berbuat salah kalau gak malu, atau bahkan bangga, nah itu sakit jiwa namanya. Jadi kalau anda malu karena anda salah, tidak apa apa, tinggal berpikir kedepannya tidak akan membuat kesalahan yang sama. selesai.

Nah kalau anda berbuat benar tapi anda malu bagaimana? nah ini udah parah. Contohnya gini, anda adalah PNS di pemerintahan, dan anda berbuat sesuai prosedur, tapi anda malu dengan teman teman anda. Wah ini kacau. Berarti sesuatu yang benar itu adalah sesuatu yang jarang terjadi, sehingga dianggap "memalukan". hadoh.. Kalau apa yang kita lakukan itu benar, janganlah malu, karena semakin anda malu, nilai kebenaran akan semakin terkikis. Lama kelamaan kebenaran itu berubah menjadi salah. ngeri kan?

yuk, mulai sekarang jangan malu untuk berbuat benar, dan tetap evaluasi diri ketika melakukan kesalahan.

sumber: Daftar Peribahasa Lengkap Beserta Artinya