gamis anak perempuan

Madu Satu Tong Jika Rembespun Madu Jua

 Madu Satu Tong Jika Rembespun Madu Jua


Madu Satu Tong Jika Rembespun Madu Jua

Arti dan maksud peribahasa madu satu tong jika rembes pun tetap madu jua adalah jika baik asalnya turunannya pun baik juga. Gak mungkin madu yang kita taruh di tong, terus bocor, keluarnya jadi air comberan. Gak mungkin.

Peribahasa ini biasanya ditujukan untuk hubungan anak dengan orang tuanya. Jika orang tuanya baik perilakunya, biasanya anaknya juga baik. Dan jika orang tua kelakuannya buruk, biasanya anaknya juga akan berkelakuan buruk. Hal ini wajar terjadi, karena yang namanya anak pasti akan mencontoh orang tuanya yang mendidik sejak lahir.

Namun ada juga orang tua yang baik, tapi anaknya bersifat buruk. Mungkin hal ini terjadi karena baiknya orang tua tidak ditularkan ke anak, atau bisa juga karena pengaruh dunia luar yang lebih dominan daripada pengaruh orang tua. Kita tahu sendiri bahwa jaman sekarang informasi bisa datang dari mana saja, oleh karena itu orang tua harus jauh lebih hati hati lagi dalam mendidik anak. Informasi yang tidak terbatas dari luar janganlah ditutupi, tapi harus disaring dengan baik.

Tidak jarang juga orang tuanya berkelakuan buruk, tapi anaknya berkelakuan baik. Sama halnya dengan paragraf 3 di atas, bahwa yang terjadi mungkin karena lebih besarnya pengaruh informasi dari luar dibandingkan dengan informasi dari orang tua.

Penting sekali kita mendidik anak kita dengan baik. Jika kita adalah orang yang buruk, segera perbaikilah, dan jangan tularkan sifat buruk kita kepada anak kita. Anak adalah titipan Tuhan, sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mempersiapkan anaknya menjadi anak yang berguna.