gamis anak perempuan

Sedikit Hujan Banyak yang Basah

Sedikit Hujan Banyak yang Basah
Sedikit Hujan Banyak yang Basah
Hujannya sih dikit, tapi semuanya basah kuyup. kok bisa? ya bisa aja, contohnya kalau anda sedang naik motor dan turun hujan gerimis, pasti basah kuyup dah. Jadi arti dari peribahasa Sedikit Hujan Banyak yang Basah adalah kecelakaan yang kecil tapi berdampak besar.

Dampak yang besar bukan berarti langsung terasa besar, tapi bisa juga dampak yang beruntun seperti efek domino, ini lama-kelamaan kan jadi besar. Contohnya adalah kalau anda menunda pekerjaan kecil di kantor, setelah anda menunda pekerjaan itu anda tidak merasakan masalah apa apa, tapi bagaimana dengan teman kantor anda yang lain? apakah mereka menunggu pekerjaan itu selesai? Jika iya, berarti teman kantor anda menjadi nganggur dan tidak bisa melanjutkan pekerjaannya. Besok ketika boss dateng nagih kerjaan, anda kelimpungan, karena ternyata hal kecil yang anda tunda itu berdampak tertundanya pekerjaan yang besar.

Contoh lain dari peribahasa ini adalah ketika kita tertusuk kayu di tangan, dan kayu tersebut nyangkut, yang biasanya disebut dengan kesura. Kesura ini hal yang kecil, tidak sakit saat tertusuk, tapi bagaimana kalau didiamkan? masalahnya bisa menjadi sangat besar, kayu tersebut bisa masuk ke pembulu darah, dan mengganggu sistem tubuh kita. Dampak terburuknya adalah kematian. ngeri kan?

Jadi intinya, kita semua janganlah meremehkan masalah kecil. Jika masalah kecil datang, segeralah selesaikan. Jangan ditunda. Karena masalah kecil bisa saja berdampak besar. Dan kalau masalah sudah menjadi besar, kita akan kesulitan untuk menyelesaikannya.