gamis anak perempuan

Lunak Disudu, Keras Ditakik

Lunak Disudu, Keras Ditakik
Lunak Disudu, Keras Ditakik
Lunak Disudu, Keras Ditakik artinya adalah yang penurut diperlakukan dengan lemah lebut, sedangkan yang melawan harus ditindak dengan keras.

Peribahasa ini biasa terjadi pada pemerintah suatu negara. Jika ada rakyatnya yang "lembut" dan menurut, pasti oleh pemerintah tidak dilakukan apa-apa. Sedangkan bagi rakyatnya yang melawan keputusan pemerintah, pasti akan ditindak sesuai hukum yang berlaku, atau bahkan hukum yang "dibuat-buat".

Sesuatu yang lembut jika diperlakukan keras akan hancur, sesuatu yang keras jika diperlakukan dengan lembut akan menhancurkan kita. Jadi balaslah yang lembut dengan kelembutan, dan ingatkanlah yang keras dengan kekerasan.



Orang yang keras melawan biasanya adalah orang yang "vokal" dan mudah mempengaruhi orang lain. Jika dalam hal yang kebaikan tentu tidak menjadi masalah, namun biasanya orang yang berniat untuk keras itu ada maksud terselubung dalam hatinya. Keinginannya keras untuk mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu yang buruk, ini adalah bahaya laten. Menghadapi orang seperti ini kita juga harus keras, jangan sampai membuat orang seperti ini semakin "melunjak".