gamis anak perempuan

Ombak Yang Kecil Jangan Diabaikan

Ombak Yang Kecil Jangan Diabaikan
Ombak Yang Kecil Jangan Diabaikan
Ombak yang kecil jangan diabaikan, peribahasa lama yang dulu sering saya dengar waktu kecil. Terkadang kita hanya menghiraukan ombak yang besar saja, karena berpengaruh pada kapal kita, tapi apakah ombak kecil gak pengaruh ama kapal kita? sedikit banyak sebenernya berpengaruh loh..

Jadi inti maksud dari peribahasa ini adalah perkara kecil yang mungkin mendatangkan bahaya perlu diperhatikan juga, jangan diabaikan. Ombak kecil memang terkesan tidak berbahaya, tapi kalau ombak kecil itu pertanda ada batu karang dibawahnya? kan berbahaya..

Seringkali kita hanya melihat hal-hal yang besar saja, tanpa memperhatikan hal-hal yang kecil. Hal kecil yang berbahaya adalah contohnya kebiasaan buruk dalam menunda suatu hal. Seperti misalnya si Joni yang selalu menunda mandi, makan, dan hal-hal lain dikarenakan sedang asyik main game, dalam hati dia berkata: "ah mandi mah gampang, nanti saja" atau "ah makan mah gampang, nanti saja selesai main game". Eh tau tau sedang asyik main game, gebetannya nge WA (baca: WA) minta janjian sekarang, paniklah si Joni, belum mandi belum makan belum beres-beres kamar harus pergi ketemu gebetan. Alih-alih lancar ketemu gebetan, eh malah telat nyampe tempat janjian. Gak enak kan?



Hal "kecil" lain yang sebenernya berbahaya adalah tidak pakai helm ketika berkendara sepeda motor. Buset ini lagi ngetrend banget, gak di kampung gak di kota besar, gak di kota kecil. Banyak banget orang yang gak pake helm kalau naek motor. Sebagian besar alasannya pasti bilang gini: "ah gak ada polisi kok", kalian tau apa fungsi helm? helm itu berfungsi untuk melindungi kepala kita, jadi JIKA JATUH atau TERTABRAK, resiko nya dapat dikurangi. Sekarang bayangkan kalau gak pake helm terus jatoh, bisa bocor dah tuh kepala.

OK kalau misalkan anda itu udah jago bukan main naek motor, sebenernya ancaman terbesar dalam mengendarai motor adalah bukan anda sendiri, tapi orang lain! sekarang bayangin, kalau anda lagi asik-asik dan pelan naek motor, di belakang ada anak ABG labil yang ngebut-ngebutan, eh kegelincir dan nabrak anda, dan anda gak pake helm pula.. nauzubillah... inilah contoh hal kecil yang gak bisa diremehkan..